POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA

  10 April 2017  |  DESA PURWODADI

Sebagaimana telah diuraikan pada bagian awal bab ini, jumlah penduduk Desa Purwodadi terdiri atas laki-laki dan perempuan. Dari total jumlah penduduk tersebut sekitar 65,81 persen adalah penduduk usia kerja yaitu sebesar 3.727 jiwa. Tingkat pendidikan penduduk usia kerja tersebut sebagian besar pada jenjang SD  sederajat yaitu sekitar 50,99 persen dengan rincian sekitar 30,96 persen tamat SD dan sekitar 20,03 persen tidak tamat SD. Sedangkan tingkat pendidikan lain yang ditamatkan oleh penduduk usia kerja di Desa Purwodadi SLTP sederajat sekitar 41,19 persen, tamatan SLTA sederajat sekitar 7,22 persen dan sekitar 0,60 persen adalah lulusan Akademi/ Perguruan Tinggi.

Sedangkan jumlah penduduk yang belum bisa baca tulis masih cukup banyak yaitu sekitar 722 orang terutama dari kalangan orang-orang lanjut usia. Dengan demikian secara umum kualitas Sumber Daya Manusia warga Desa Purwodadi  sangat perlu ditingkatkan lagi.

Perekonomian warga Desa Purwodadi tumpu pada sektor pertanian dengan mata pencaharian mayoritas sebagai petani yaitu sekitar 800 orang dan sebagai buruh tani yaitu sekitar 615 orang. Sedang yang bekerja sebagai buruh bangunan sekitar 750 orang. Selain itu jumlah penduduk bermata pencaharian lain di luar sektor pertanian meliputi; sebagai pekerja sektor informal lainnya yang terdiri dari    tukang batu, tukang, kayu, sopir, montir, pedagang keliling dan lain-lain sebagai PNS/TNI /POLRI  sebagai guru  sebagai pedagang dan sebagai pensiunan sebanyak .

Contact Details

  Alamat :   Desa Purwodadi, Jl. Raya Gembolo 34 Purwodadi Kec Gambiran
  Email : kantordesapurwodadi@yahoo.com
  Telp. : 3910121 (0333)
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi